Jumat, 30 September 2016

Mengenal Edukasi ke Taman Lalu Lintas Cibubur 
Bersama Anggota PEGASUS (Pasukan Penggalang Khusus) SDIT Al Hikmah Bintara


Pada tanggal 5 Desember 2015, Anggota PEGASUS (Pasukan Penggalang Khusus) SDIT Al Hikmah Bintara mengadakan kunjungan edukatif yang telah dijadwalkan. Kali ini tak seperti biasa, saya mengawal dan mendampingi mereka untuk wisata edukatif dalam rangka mengenalkan semenjak dini cara berlalu lintas dengan aman dan tertib. Pagi itu sekitar jam 07.00 wib kita semua meluncur ke lokasi menggunakan kendaraan yang telah di sediakan oleh sekolah. Anggota terdiri dari guru pendamping, anak-anak PEGASUS ikhwan dan akhwat serta om driver yang setia mengawal kami. Saya bersama rekan rekan team  melalui jalan tol jagorawi, masuk dari tol dalam kota Jakarta ke arah Taman Mini Indonesia Indah, lalu keluar di gerbang tol Cibubur. Taman Lalu Lintas berada di area Bumi Perkemahan Wiladatika, Cibubur kurang lebih 100 meter dari pintu masuk. Kami hanya membayar Rp. 6000/org dewasa.
Ternyata suasana cukup sepi karena tak ada pengunjung lain selain dari murid-murid SDIT Al Hikmah Bintara saja. Saat tiba kami disambut dua orang Bapak Polisi yang ramah namun cukup mampu menenangkan anak-anak yang agak liar kalau sudah berada di alam bebas. Mereka dibawa ke ruang terbuka duduk di podium yang telah disediakan untuk mengenal beberapa aturan rambu-rambu lalu lintas lengkap dengan alat peraganya. Nah, saat itu juga pas ada anggota dari AKPOL yang sedang study tour jadi kami bersama mereka duduk di podium dan mendengarkan penjelasan dari Bapak Polisi tentang rambu rambu lalu lintas. Dengan datangnya anggota AKPOL raut anak-anak berubah dan semakin antusias mendengarkan ceramah dari bapak polisi.
Sesi pengenalan rambu-rambu secara teori itu berlangsung sekitar 30 menit. Setelah itu anak-anak akan dibawa berkeliling secara langsung melalui jalan-jalan kecil itu untuk mengulang kembali apa arti dari berbagai rambu-rambu lalu lintas yang ada. Seluruh areal memang disulap menjadi seperti contoh jalan-jalan raya lengkap dengan rambu-rambu, halte, tempat ibadah, dan beberapa stasiun semua dalam bentuk miniatur. 
Setelah berakhir di miniatur stasiun kereta, anak-anak dibawa berkeliling dengan mobil yang akan memutari seluruh areal taman. Ada 4 taman yang ada di Taman Lalu Lintas, Taman Ibu Kasur, Taman Ki Hajar Dewantara dan dua lagi saya tak bisa mendengar penjelasan si supir. Tapi anda bisa bertanya-tanya pada supir yang membawa kendaraan itu kalau memerlukan informasi.
Seluruh acara selesai tepat pukul 11.30. Dengan riang, anak-anak menyantap bekal makan siang mereka masing-masing yang telah mereka bawa dari rumah dan ada sebagian dari mereka yang jajan di kantin.
Setelah itu di lanjutkan dengan sholat dhuhur berjamaah dan setelah sholat dhuhur anak anak langsung menyewa sepeda yang sudah di sediakan dengan membayar rp 5.000,- untuk berkeliling taman lalu lintas yang luas nya sekitar 5 hektar (kurang lebih). Jam 14.00 kami meninggalkan lokasi dan berpamitan oleh bapak polisi yang dari tadi sabar mendampingi anak-anak untuk pulang. Dan sebelum pulang kami sepakat untuk berenang dulu di kolam renang yang telah di sediakan oleh pihak taman cibubur dengan membayar mahar 10.000/orang. Puas berenang lalu siap siap untuk sholat ashar dan pembagian sertifikat pelatihan kepada anak anak dari taman lalu  lintas. 
Raut wajah mereka penuh dengan keceriaan dan kesenangan karena hari ini telah melewati hari yang spektakuler bagi mereka...

Baarokallohu fiikum jami'an anak-anakku doa ku agar kelak ketika engkau besar jadilah pribadi yang tertib dalam berlalu lintas... 

cek foto yang lain di sini 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar